Penerimaan Taruna Akpol Tahun 2009

KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA
MARKAS BESAR
Jln. Trunojoyo No.3
Kebayoran Baru Jakarta Selatan

PENGUMUMAN
No.Pol.: Pang/1/IV/2009

Tentang
PENERIMAAN TARUNA AKPOL TAHUN ANGGARAN 2009
KEPOLISIAN NEGARA REPUBLIK INDONESIA MEMBERIKAN KESEMPATAN KEPADA WARGA NEGARA REPUBLIK INDONESIA UNTUK MENJADI CALON PERWIRA POLRI MELALUI PENDIDIKAN AKADEMI KEPOLISIAN TAHUN ANGGARAN 2009

I. PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia (Pria dan Wanita).
  2. Bariman dan bartakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.
  4. Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan
  5. Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
  6. Bersedia  ditempatkan di seluruh wilayah Negara Republik Indonesia dan bersedia, ditugaskan pada semua bidang tugas Kepolisian

II. PERSYARATAN LAIN

1. Calon Taruna Sumber SMA/Sederajat

  • Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA/IPS dengan nilai HUAN yang ditetapkan oleh Ketua Panda setempat.
  • Bagi lulusan tahun 2009 (masih kelas 3) menggunakan Surat Keterangan Kepala Sekolah dan menyerahkan Surat Tanda Kelulusan dengan nilai HUAN yang ditetapkan oleh Katua Panda setempat, setelah ujian Nasional.
  • Umur Maksimal pada saat pembukaan pendidikan 21 (dua puluh satu) tahun.
  • yang di buktikan dengan KTP setempat dan KK Telah berdomisili di wilayah Polda pendaftaran minimal 1 (satu) tahun atau Raport, yang disyahkan oleh kepala sekolah yang bersangkutan
  • Bagi lulusan SMA/sederajat diluar daerah asalnya dapat mendaftarkan diri didaerah asal/daerah kelahiran yang dibuktikan dengan Akte kelahiran setempat atau KTP.
  • Belum pernah nikah dan sanggup tidak nikah selama dalam Pendidikan Pembentukan.

2. Calon Taruna Sumber Sarjana

  • Berijazah serendah rendahnya Sarjana S1/S2 berasal dari Perguruan Tinggi dengan program studi yang terakreditasi A dan B serta menyerahkan traskrip nilai, dengan IPK Min 2,75 (dua koma tujuh lima) untuk S1 dan 3.0 (tiga koma nol) untuk S2.
  • Disiplin ilmu yang dipersyaratkan yaitu:
  1. Fak Hukum jurusan Ilmu Hukum
  2. Fak Fisip/Sospol jurusan: Antropologi Sosial, Hub Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Krimonologi dan Sosiologi.
  • Usia Maksimnal pada saat pembukaan pendidikan sebagai berikut:
  1. Lulusan S1 : 28 (dua puluh delapan) tahun
  2. Lulusan S2 : 30 (tiga puluh) tahun.

3. Calon Taruna Sumber Brigadir Polri

  • Brigadir Polri yang telah mempunyai masa dinas 1 (satu) tahun setelah masa magang.
  • Berijazah SMA/sederajat jurusan IPA/IPS
  • Malampirkan Daftar penilaian (Dapen) dengan nilai minimal 75 (tujuh puluh lima) dan Surat Keterangan Hasil Penelitian (SKHP) dari yang berwenang.
  • Usia Maksimal pada saat pembukaan pendidikan 24 (dua puluh empat) tahun
  • Bagi calon yang sedang melaksanakan tugas khusus di wilayah atau diluar satkernya dapat mendaftar dialokasi satker/Panda setempat.
  • Bagi calon yang meminta ijazah Sarjana berlaku ketentuan penerimaan Calon Taruna Sumber Sarjana.

4. Tinggi badan minimal dengan berat badan seimbang menurut katentuan yang berlaku:

  • Untuk sumber penerimaan SMA dan Brigadir Polri
  1. Pria    163 (seratus enam puluh tiga) Cm.
  2. Wanita 160 (seratus enam puluh) Cm.
  • Untuk Penerimaan Sumber Sarjana S1/S2:
  1. Pria    160 (seratus enam puluh) Cm.
  2. Wanita 155 (seratus lima puluh lima) Cm.

5. Bersedia menjalani IDP (Ikatan Dinas Pertama) selama 10 (sepuluh) tahun terhitung mulai saat diangkat menjadi Inspektur Polisi.
6. Memperoleh persetujuan dari orang tua/wali bagi yang belum berusia 21 (dua puluh satu) tahun.
7. Tidak terikat Perjanjian Ikatan Dinas dengan instansi lain.
8. Bagi yang sudah bekerja secara tetap sebagai pegawai karyawan tetap sebagai pegawai/karyawan/anggota Polri:

  • Mendapat persetunjuan/rekomendasi dari Kepala Jawatan/Instansi Satker yang bersangkutan.
  • Bersedia diberhentikan dari status pegawai/karyawan/anggota Polri, bila diterima dan mengikuti pendidikan pembentukan Taruna Akpol.

9. Mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian yang meliputi materi dan urutan kegiatan sebagai berikut:

a. Di Tingkat Panda

  1. Pemeriksaan Administrasi awal.
  2. Pemeriksaan Kesehatan Tahap I
  3. Pemeriksaan Psikologi
  4. Pemeriksaan Kesehatan Tahap II
  5. Tes Kemampuan Jasmani
  6. Pemeriksaan Administrasi Akhir.
  7. Pengumuman Kelulusan Sementara.

a. Di Tingkat Pusat
1) Pemeriksaan Administrasi.
2) Pemeriksaan Kesehatan.
3) Pemeriksaan Psikologi
4) Pengujian Akademis yang meliputi
(a) Tes Potensi Awal (TPA).
(b) Undang-undang Kepolisian
(c) Bahasa Inggris.
5) Tes kemampuan jasmani

III. PENDAFTARAN

Pendaftaran dimulai tanggal 4 Mei s/d 8 Juni 2009 di Polda seluruh Indonesia, Informasi selengkapnya dapat diperoleh di Biro Personel Polda/Polwil/Polres setempat atau di situs Polri http://www.polri.go.id.

IV. LAIN-LAIN

Jumlah peserta didik sebanyak 300 orang, terdiri dari Sumber SMA/sederajat, 200 orang (175 Pria dan 25 Wanita) dan sumber S1/S2 100 orang (75 Pria dan 25 Wanita). Seluruh rangkaian kegiatan panerimaan dan seleksi dilaksanakan secara Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis serta tidak dipungut biaya.

Dikeluarkan di Jakarta pada tanggal 25 April 2009
A.N NEGARA REPUBLIK INDONESIA DE SDM

Drs.SUHARDI SIGIT
INSPEKTUR JENDERAL POLISI

39 comments
  1. Saya ingin bertanya, mengapa fakultas/jurusan yang disediakan untuk taruna AKPOL dari S1 hanya berasal dari 2 Fakultas saja?

    Jadi bagaimana dengan kami yang berasal dari fakultas/jurusan yang lain? Seperti saya dari Ekonomi/akuntansi?

    Mohon menjadi perhatian.

    Terima kasih.

  2. sayapun ingin bertanya mengapa hanya s1 atau S2 dr 2 fakultas sj yang dipersyaratkan,bagaimana dengan peluang kita yang dari bidang pendidikan,sementara menurut informasi yang saya terima dari teman2 polisi yang S2 bersama saya di UNJ,instansi polri masih sangat butuh tenaga pengajar untuk seluruh SPN dan yang bekualitas.mohon tanggapan dan kerjasamanya.
    terima kasih
    hormat saya.

  3. SAYA INGIN BERTANYA PAK PERIHAL TES UNDANG-UNDANG KEPOLISIAN ?
    SAYA MENGHARAPKAN BANTUAN BAPAK SEBAGAI AYAH SAYA.
    TERIMAKASIH.

  4. Kepada yang terhormat, Bapak Drs.SUHARDI SIGIT

    Saya ingin menanyakan perihal penerimaan Taruna AkPol, apakah S1 Fak. Teknik bisa mengikuti syarat penerimaan Taruna AkPol?

    Saya lulusan S1 dari Fak. Teknik, dan ingin mengikuti seleksi calon perwira polri melalui pendidikan AkPol.

    Harapan saya, kiranya polri memberi kesempatan bagi lulusan S1/S2 dari berbagai fakultas yang ingin mengabdikan diri untuk negara agar diterima mengikuti pendidikan akademi polisi.

    Terima kasih

  5. maaf sebelumnya,,,
    saya saat ini sekolah di arsitektur,,
    dan saya baru berusia 17 tahun,
    dan kemungkinan saya untuk mendaftar belum bisa…
    tapi mengapa hanya 2 fakultas saja sekarang???
    kenapa fakultas lain tidak diperhitungkan,,,

  6. ijin,mau bertanya…

    kalau dari brigadir mau masuk akpol tapi ijazah terakhir adakah STM..

    Apakah ijizah STM bisa mendaftar masuk akpol.?

    terima kasih..

  7. Saya lulusan S1 hukum pidana dengan ipk 2,80 saya sudah berusia 31 tahun dan saya telah berkeluarga dan memiliki anak usia 3 tahun 9 bulan. Saya sangant ingin masuk dan bergabung kedalam akademi kepolisian tetapi yg menjadi masalah apa di usia saya ini dan setatus saya ini, saya masih di beri kesempatan untuk mengabdikan diri kepada negara melalui akademi kepolisian ini? Terimakasih

  8. Kepada Yth. Bapak Drs. Suhardi Sigit
    Izin bertanya, apakah Bapak pernah menjabat Kapolresta Padang kemudian Karo Per Palu dan Jatim?, jika pernah, sukur Alhamdulillah selama ini bapak yang saya cari cari, saya pernah menjadi anggota Bapak di Polresta Padang, kepribadian Bapak sangat terpuji, dekat dengan anggota, melekat dalam ingatan saya, pada saat ulang tahun dan saat Bapak pindah tugas ke Palu banyak anggota yang menangis karena ditinggal Bapak. salam hormat selalu

  9. pak tolong kirim ke email saya contoh soal pengetahuan umum untuk tes masuk akpol tahun 2009…terima kasih

  10. ijin mau nanya, bagaimana dengan lulusan diploma tiga, status pendidikannya masuk dimana kalau mau mendaftar taruna akpol terus umurnya sampai batas berapa? terimaksih

  11. juwita armiaty
    pak saya mau tanya saya lulusan sarjana ekonami akuntansi bisa ga ikutan melamar akpol.
    dan persyaratannya apa aja ya pak
    trima kasih

  12. Selamat siang..
    Saya masih kuliah di PT. Jambi dan skrg semester 6. Usia 21th jln 22th juli besok.
    1. Apakah saya bisa ikut mendaftar?
    2. Persyaratan tertera di atas melalui PPSS hanya
    *Fak Hukum jurusan Ilmu Hukum
    *Fak Fisip/Sospol jurusan: Antropologi Sosial, Hub Internasional, Ilmu Komunikasi, Ilmu Politik, Krimonologi dan Sosiologi. Saya di fakultas keguruan Bhs.inggris, apakah ada pertimbangan untuk ditambahkan pada Jalur PPSS? saya juga dengar kalau Polda Jambi telah mencanangkan at ad polisi pariwisata. terimakasih.semoga dapat menjadi masukan. Tlng di respon ya Pak, sy tunggu di inbox email saya.

  13. assalamualaikum.
    yang terhormat kapolda Sulsel

    mohom disediakan informasi tentang pendaftaran akpol 2009 khusus dari web polda sulsel! soalnya informasi yang ada tidak tersedia

  14. Kenapa penerimaan AKPOL cuma diambil dari 2 jurusan, bagaimana dengan jurusan yang lain apakah bisa,

  15. Kasihan ya pak, alumni dari fakultas lain yang mau ikutan test jadi perwira harus gigit jari. dipertimbangkan dunk kita kan juga anak bangsa, wlupun gak dari FISIP.

  16. Yth. Bapak Kapolri di Jakarta.

    Perkenankanlah saya sebagai warga Nias Selatan-Prov. Sumut menyampaikan keluhan yaitu Putra-Putri Nias Selatan sejak NKRI Merdeka yang Lulus Akademi Polisi bisa dihitung dengan jari akibat situasi ekonomi dan mutu pendidikan yang sangat memprihatinkan.

    Oleh karenanya, sebagai anak bangsa yang masih terbelakang baik dibidang ekonomi, pembangunan, pembangunan memohon pertimbangan Bapak Kapolri kiranya setiap lowongan penerimaan Akpol memberi kesempatan secara bijak dan prioritas kepada putra Nias Selatan setidaknya 1 sampai 2 orang atau lebih tanpa menyamakan syarat kemampuan seperti peserta dari Daerah lain yang mutu pendidikannya sudah lebih maju dari Daerah Nias Selatan.

    Bapak Kapolri sebagai mantan Kapoldasu secara jelas mengenal dan mengetahui bagaimana situasi pendidikan di Nias Selatan khususnya dan Kepulauan Nias pada umumnya yang sangat memiliki ketertinggalan diberbagai sarana prasarana baik bangunan fisiknya maupun kekurangan tenaga guru pengajar sehingga mutu pendidikan yang dimiliki setiap siswa tidak sebanding dengan yang dimiliki siswa di Daerah lainnya di Sumut, kiranya hal ini menjadi bahan pertimbangan kepada Bapak Kapolri untuk berkenan membantu dan memperhatikan putra Nias Selatan seandainya ada yang mengikuti tes akpol tahun 2009 ini dan pada tahun-tahun berikutnya.

    Demikian hal ini saya sampaikan untuk dapat kiranya menjadi bahan pertimbangan Bapak Kapolri, dan besar harapan menjadikan cacatan tersendiri untuk membantu masyarakat Nias Selatan yang sungguh terbelakang dan tertinggal diberbagai sektor pembangunan.

    Terima kasih.

  17. Yang saya tanyakan apakah penerimaan akpol sumber sarjana itu murni dari fak hukum dan FISIP saja,lalu apabila berasal dari Fak.Ekonomi apakah benar-benar tidak dapat dipertimbangkan,mengingat dari fak selain hukum dan fisip pun juga menginginkan mengikuti pendaftaran akpol.

  18. salam hormat bapak dan ibu.
    bagaimana dengan S1 yang dari jurusan THEOLOGIA, apa ada kesempatan untuk menjadi seorang POLISI, melalui penerimaan AKPOL?

  19. selamat siang…saya mau tanya,untuk seorang lulusan SMA.,apabila mau daftar tetapi masih mempunyai kendala seperti gigi yang gingsul itu gimana? kalo berlubang sih otomatis ya tidak boleh, tapi kalo gingsul tu presentase kesempatan masuknya masih tetap sama gag dengan peserta yang mempunyai gigi normal?
    terimakasih….

  20. salam hormat saya pak…..

    dari kecil saya bercita-cita menjadi seorang Perwira Polisi,, tapi sekaraNg saya sudah menjadi CPNS di Pemprov.Sulbar. tapi klo d perkenankan, saya siap beralih dan mengikuti test di AKPOL.

    Pertanyaan saya, apa ada kemudahan buat saya klo nantinya saya mengikuti test AKPOL ini pak??

    terima kasih….

  21. tanggal berapa pendaftaran akpol yogyakarta pak?

    kalo dari smk apakah bisa?

    terus pake nilai rata2 uan ga??

    kalau pakai rata2na berapa!

    makasih tolong d balas!

  22. assalamualaikum. wr. wb.
    pak kapolri tolong d pertegaskan dalam website yang terlarang, atau video2 terlarang dalam internet, krn itu dapat merusak citra remaja….

    terima kasih
    waalaikumsalam wr. wb

  23. asalamualaikum pak…

    saya ingin bertanya apabila ada caLon polisi memakai kawat gigi pada saat tes,, itu akan berpengaruh terhadap hasil tesnya???

  24. malam bpk/ibu kepala biro personil polda metro jaya…
    sy ijin bertanya?????
    bpk/ ibu pendaftaran taruna akpol klo lulusan SMK apakah bisa ikut seleksi penerima,n akpol????
    trimakasih…..

  25. Yth Bapak/Ibu

    Saya lulusan dari Ilmu Komputer S-1, apakah ada kesempatan mendaftar dgn latar belakang pendidikan saya itu ?

    mohon infonya lewat email sy aja…

    terimakasih.

  26. selamat malam komandan.
    saya mau tanya nanti tes akpol dilaksanakan dmna ?
    kapan pak ?
    kalau umur 17 belas msh bsa daftar ga ???
    pendidikan dsana brapa tahun pak ??? makasih
    bales k email saya aja .

  27. lapor, dan
    saya punya adik cwo lagi sekolah kelas 2 SMA
    dia pengen sekolah AKPOL
    tapi ko aku denger masuk AKPOL harus ada uang 300 jt
    bagaimana itu
    buat ap itu
    mana kejujuran polisi
    dimana rasa tanggung jawab polisi mengayomi masyarakat
    lo gtu carany polisi sama dengan penjahat kelas kakap

  28. pak saya mau nanya…
    saya D3 jurusan manejemen informatika,..
    untuk program D3 apakah tidak bisa mencoba sm hal nya dengan S1 atau S2?… solusinya bagaimana?

Add Comment

Required fields are marked *. Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.